Sabtu, 05 Desember 2009

Pediophobia

Semua orang punya fobia nya masing-masing. Atau ketakutan mereka terhadap sesuatu yang mungkin dianggap biasa saja oleh orang lain. Mengutip dari wikipedia nih,,Fobia adalah rasa ketakutan yang berlebihan pada sesuatu hal atau fenomena. Fobia bisa dikatakan dapat menghambat kehidupan orang yang mengidapnya. Bagi sebagian orang, perasaan takut seorang pengidap Fobia sulit dimengerti. Itu sebabnya, pengidap tersebut sering dijadikan bulan bulanan oleh teman sekitarnya. Beberapa contoh fobia yang sering kita denger adalah takut akan ketinggian (hyperphobia), takut akan kegelapan (lygophobia), takut terhadap laba-laba (arachnophobia) dan lain-lain.

Begitu juga dengan gw...gw sadar gw punya fobia yang satu ini mungkin sejak SD kali ya. Karena seinget gw dan berdasarkan foto-foto jaman kecil, harusnya pas umur gw masih di bawah TK gw sama sekali nggak merasa takut sama hal yang satu ini. Apakah itu???? Gw takut sama boneka! Bahkan saat gw mencari istilah fobia terhadap boneka google, gw nggak berani untuk buka link-nya karena takut ada gambarnya. Dan jangan harap gw akan masukin gambar boneka tersebut untuk ilustrasi. Dan nama fobia terhadap boneka adalah Pediophobia.

Gw sendiri bingung kenapa gw bisa takut sama boneka. Kalau secara spesifik yang gw takutin adalah boneka yang berkulit plastik dan matanya bisa kedip-kedip. Bisa itu berbentuk bayi botak yang kalau empengnya dibuka mengeluarkan suara mewek-mewek yang freak abiss, atau berbentuk cewe yan g dikepang dua, berbentuk bayi yang rambutnya kriwil-kriwil yang bisa merangkak dengan pantat yang egol-egol. Hiiiiiyyyy....nggak habis pikir ada orang yang mau main boneka aneh begitu.

Waktu kecil banget, yaitu di bawah umur 3 tahun kayaknya gw masih main boneka semacam itu. Di foto-foto ultah gw yang pertama apa kedua apa ketiga gitu (lupaaa...), ada foto gw dengan latar belakang boneka-boneka menyerupai manusia itu yang terpajang di meja. Dan ada foto gw sedang membuka kado berisi boneka itu. Tapi seiring waktu entah kenapa gw jadi sebel...eh bukan sebel...tapi takut buat main boneka itu. Jangankan main...buat ngelihat aja takut banget. Dan ketakutan itu terjadi sampai sekarang yang membuat gw sering dipermainkan oleh adik-adik sepupu gw yang masih SD.

Someday in 1993

Hari itu gw menjemput bokap gw yang baru pulang dari HongKong for business trip. Karena jaman itu hp masih belom populer, jadi aksi jemput menjemput di Bandara Soekarno Hatta itu memakan waktu lebih dari setengah jam untuk main cari-carian.
Saat bokap gw ketemu, gw langsung memekik kegirangan..
"Papa bawa oleh-oleh apa?"
"Ada deh..." Kata bokap gw sok misterius.
"Ih papa. Apaaaa...apa?" kata gw lagi dengan sok manja..yah namanya jg anak kecil..
"Boneka. Nama bonekanya Mei Lin. Matanya sipit dikuncir dua. Cantik deh. Tapi kita bukanya di rumah aja ya,"
"Oke papa"
Dan kita pun pulang ke rumah serombongan. Karena seinget gw yang ikut jemput saat itu kedua pasang kakek nenek gw, nyokap gw, dan beberapa tante gw.
Sesampainya di rumah gw langsung membongkar-bongkar koper bokap gw yang lumayan besar. Maklum mungkin saat itu bokap gw masih jadi orang pertama di keluarga kakek nenek gw yang pernah keluar negeri. Jadi pas beliau pulang, rumah rame banget pada nungguin oleh-oleh.
"Nah ini dia Mei Lin buat tiwi. Ini" bokap gw tiba-tiba mengeluarkan boneka itu dari kopernya.
Gw langsung terlonjak kaget dan menangis ketakutan.
Boneka berkulit plastik, berbaju cheongsam kuning, berkepang dua itu mengedipkan mata sipitnya ke arahku.
Aku langsung ngibrit ke kamar.
Dan si Mei Lin sukses menjadi penghuni lemari di kamar gw yang selalu terkunci. Yang bikin gw selalu deg-degan tiap malam takut dia terbang keluar dari lemari itu.


Someday in 1995

Entah kenapa bokap gw seperti nggak pernah sadar kalau gw takut sama boneka. Setelah kepulangannya dari suatu business trip lagi beliau ngebeliin oleh-oleh boneka lagi. Tapi bedanya kali ini boneka bayi cewe berambut kriwil pendek, pake dot yang kalo dilepas nangis, dan yang mejiknya...dia udah bisa ngerangkak.

Keanehan kedua, adik gw yang gede si Andin suka banget main boneka aneh ini. Dan adik gw yang kecil si Intan juga sama takutnya kaya gw terhadap boneka ini. Walhasil si boneka baby yang nggak lucu sama sekali ini jadi mainan favoritnya si Andin.

Malam itu gw baru selesai ngerjain pr dan gw bernajak keluar kamar. Di luar kamar ada suara ramai. Begitu gw membuka pintu tiba-tiba saja si baby aneh sedang merangkak masuk ke dalam kamar gw.

"Mamaaaaaa..." gw langsung teriak sambil naik ke atas kasur takut baby itu menggerayangi kaki gw. Gw nangis.

Tiba-tiba Andin masuk. "Gitu aja takut. Payah lu.." katanya sambil mengambil bonek itu dan melepaskan dotnya. Boneka itu menangis.

Gw pun ikut menangis menandingi si baby. Dan akhirnya malam itu gw sukses mengunci diri di kamar menahan lapar karena takut keluar. Sementara di luar Andin masih asik main merangkak bersama baby dengan backsound suara tangisan yang mengerikan itu.


Someday in 1999

Mengingat di rumah, Andin menjadi satu-satunya orang yang suka main boneka aneh itu. Hadiah boneka-bonekaan yang didapat dari ulang tahun pasti akan menjadi milik dia. Gw jadi inget kalo tiap adik gw ulang tahun (Andin Intan ulang tahunnya bareng tapi beda tahun) dan dirayakan, pasti tiap mau buka kado gw harus ngeraba-raba dulu. Kalau bentuknya menyerupai boneka, pasti langsung gw lempar.

Boneka-boneka kulit plastik milik Andin itu ada macam-macam jenisnya. Ada barbie asli (yang ini gw nggak takut,,malah suka), ada boneka Kelly asli (anaknya Barbie, kalo ini gw agak geli), Barbie palsu dan Kelly palsu (bonaka barbie-barbie an yang murah, ada barbie yang rambutny awut-awutan, Kelly yang kulitnya negro, dll) - kalo yang ini gw geli dan ga suka). Pada era ini, boneka bayi kedip-kedip udah nggak jadi favorit. Ato mungkin udah entah dibuang kemana sama nyokap gw.

Karena Andin jadi master of the doll, jadi kuasa dia sangat besar di rumah. Jadi kalau kita lagi berantem dia selalu nakut-nakutin kita sama boneka itu. Dan itu ibaratnya sekali dayung dua tiga pulau terlampaui. Kalo dia nakutin Intan, gw jadi ikutan kena getahnya. Begitu juga sebaliknya.

Hari itu Andin dan Intan entah lagi berantem karena apa. Tiba-tiba aja dia lari-lari ke kamarnya. Dan kita udah tau kalau dia lari ke kamar pasti dia mau ambil boneka kecil (dia punya satu set boneka Kelly palsu, ada sekitar 5 boneka kecil-kecil jelek) di salah satu lemarinya. Gw yang padahal nggak ikutan berantem langsung panik dan masuk ke kamar sambil teriak-teriak, "Gw nggak ikutan.. Ampun.."

Tiba-tiba aja si Intan juga berlari menuju kamar gw dengan muka ketakutan dan udah mau nangis. "Nggak mau..Jangan..jangan..ampun" katanya udah kaya dikejar pembunuh.
Dan si Andin dari belakang udah siap ngejejelin boneka kecil-kecil itu ke muka kita. Namun dengan gesit gw menutup pintu kamar dan mengunci. Gw sama Intan berpelukan berdua di kamar.

Tapi gw lupa bahwa kamar gw dan kamar Andin memiliki satu bolongan di dinding pemisah kamar kita untuk memasan AC (jdi satu AC untuk dua kamar). Tiba-tiba aja ada suara berisik dari kamar sebelah. Dan tiba-tiba aja boneka kecil-kecil itu meluncur dari arah bolongan itu dari atas gw yang memang berjongkok di bawah bolongan itu.

"Awwwwwwwww....huhuhuhu...hikshiks..." Gw dan Intan kompak berteriak dan menangis saat itu juga.


Someday in 2003

Weekend itu gw nginep di rumah salah satu sahabat gw. Rina namanya. Gw nginep bareng beberapa temen segeng gw. Yang gw inget ada Wulan, Lili, dan Wai. Hal pertama yang gw cek saat masuk ke rumah/kamar temen gw terutama cewe adalah apakah dia memiliki boneka serem itu. Gw masih membawa kebiasaan ini sampai sekarang. Entah pengecekan itu dengan pengamatan diam-diam, jadi gw masuk kamarnya pelan-pelan dengan perasaan was-was sambil ngelirik-lirik. Atau bisa juga gw langsung to the point nanya ke dia.

Begitu gw masuk gw agak sedikit kaget dengan keberadaan boneka kedip-kedip di atas meja belejarnya Rina. Tapi berhubung saat itu sudah kelas 2 sma, gw sudah mulai bisa mengendalikan sedikit kepanikan gw (tapi tetep masih belom bisa mengendalikan ketakutan gw). Gw langsung nggak mau tidur di kamarnya Rina. Pokoknya malam itu gw harus tidur di kamar lain. Dan gw tidur di kamar kakaknya Rina malam itu.

"Eh gw nggak mau tidur di kamar lo ya Rin,"
"Kenapa emang?"
"Gw takut boneka lo." kata gw sok cuek saat kita semua lagi makan pizza bareng-bareng di ruang tamu.
"Oh.. Yaudah tidur kamar kakak gw aja." katanya bijak. Rina memang nggak banyak cing cong orangnya. Dan memang keluarganya lagi pada nggak ada di rumah semua.

Dan malam itu terlewati dengan nyaman. Gw tidur di kamar kakanya Rina bareng Wai. Sementara Rina di kamarnya bareng Lili dan Wulan.

Jam 11 pagi kita bersiap-siap pulang. Gw merapihkan tas gw sambil berjongkok.

"Tiwi..." panggil Wulan dari samping gw.
Dan gw menengok. "Kyaaaaaaa...." sebuah boneka kedip-kedip berkepang dua ada dihadapan gw. Wulan memegang boneka itu di samping gw. Gw langsung terlonjak dan berlari ke luar rumah.

Tak lama kemudian Wulan menyusul gw.
"Wulan nggak lucu. Bawa sana nggak bonekanya." kataku sambil menahan takut dan sedikit nangis.
"Nggak kok Wi. Nggak gw bawa," dia menunjukkan tanggannya yang kosong. "Maaf ya Wi. Gw nggak tau lo bener-bener setakut itu. Gw cuma mau bercanda doang tadinya. Eh lo malah takut beneran. Maaf ya. Udah disimpen kok sama Rina bonekanya"

Gw pun langsung masuk tanpa menggubris Wulan. Dan sepanjang perjalanan pulang Wulan sibuk meminta maaf ke gw. Gw sih sok jual mahal..


Dan sampai sekarang, sampai gw sudah kerja begini, sampai gw sudah siap nikah dan punya anak gini, gw masih takut sama boneka itu. Kalau sedang berada di toko mainan, gw selalu menghindari bagian barbie karena pasti tak jauh dari situ ada si boneka kedip. Dan gw pun masih kompak sama Intan soal ketakutan ini. Bahkan bisa dibilang kita saling bahu membahu menghadapi serangan-serangan sepupu-sepupu kecil kita yang masih SD pas mau sok-sok nakut-nakutin dengan boneka itu.

Cowo gw pernah bertanya, "Gimana ntar kalau kita udah punya anak ya. Masa kalau anak kita mau main boneka itu kamu nggak mau beliin gara-gara takut?"

Hmmmmm....liat nanti aja deh....

3 komentar:

  1. boneka meilin.na masi ad gk kak ?
    =)

    BalasHapus
  2. kita punya phobia yg sama, aku mulai SD juga

    BalasHapus
  3. Aku juga sama phobia bgt sama boneka-_-

    BalasHapus